10 CARA MENABUNG DENGAN BENAR

//10 CARA MENABUNG DENGAN BENAR

10 CARA MENABUNG DENGAN BENAR

Menabung menjadi hal yang penting dalam menentukan kebahagiaan dimasa depan. Meskipun begitu, menabung bukanlah hal yang mudah seperti yang dibayangkan. Selain biaya bulanan, ada saja biaya tak tertuga yang dikeluarkan setiap bulannya. Tetapi kalau tidak diniatkan, gaji kita pasti akan terus menerus habis.

Penghambat orang tidak dapat menabung biasanya selain membayar hutang adalah pola hidup konsumtif. Kalaupun mereka sudah menabung, tapi kadang cara menabungnya salah.

Lalu bagaimana cara menabung yang benar jika ingin bertambah kaya atau makmur? Berikut 10 hal yang bisa Anda lakukan :

1. Memiliki Tujuan

Apa sih tujuan Anda menabung? Tujuan menabung itu sebaiknya ditulis dan dijelaskan apa yang Anda inginkan. Misalnya tujuannya untuk jalan-jalan keliling dunia, atau membeli hewan ternak.

Nah untuk mewujudkan keinginan tersebut, buatlah tujuan tersebut sehingga orang menjadi termotivasi dan disiplin akan keuangannya.

BACA JUGA :4 KOTAK SUMBER KEKAYAAN ANDA! APA SAJA?

2. Buatlah Jadwal Menabung

Buatlah jadwal yang rutin untuk menabung, misalnya setiap akhir bulan. Misalnya pada saat akhir bulan kita biasakan memasukkan sejumlah uang dicelengan.

Berapapun nominal yang kita tabungkan jika kita rutin dan terjadwal maka akan banyak nanti hasil tabungannya. Dengan adanya jadwal maka akan tercipta kebiasaan disiplin untuk menabung.

3. Menabung Otomatis / Tabungan yang Auto Debet

Saya pelajari sebuah pelajaran dari buku yang berjudul MILLIONAIRE NEXT DOOR. Menceritakan tentang orang-orang Amerika yang sukses menjadi millionaire, walaupun mereka memiliki pendapatan yang masif dan bukan orang kaya dari kecil. 

Tetapi mereka memiliki kebiasaan date repayment system atau membayar hutang otomatis. Dari cerita tersebut menjadi inspirasi untuk bisa menabung secara otomatis. Mungkin kita bisa minta tolong ke Bank atau HRD untuk langsung memotong dana gaji kita ke deposito. Jadi secara otomatis kita menabung.

4. Menabung dari yang Kecil, Jangan Menunggu Besar

Jika seseorang memiliki gaji yang tidak besar tapi tetap mau menabung maka mulailah dengan menabung dicelengan di rumah. 

Menabung jangan tunggu punya uang banyak dahulu atau dengan nominal yang besar, tapi mulailah dari nominal kecil asalkan rutin. Lebih baik menabung dari yang kecil dari pada tidak sama sekali.

5. Mempelajari Pajak

Dengan belajar pajak artinya kita mengetahui mekanisme jumlah pajak yang ditagihkan ke kita dan juga berapa banyak pajak yang harus dibayarkan dari barang yang kita beli. Jadi bisa menghemat pengeluaran pajak, makin sedikit biaya pajak maka semakin banyak kita bisa menabung.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : Cara Meningkatkan Kualitas Keuangan

6. Stop Tagihan Berlangganan yang Tidak Terpakai

Jika Anda memiliki akun paypal tolong buka tagihan-tagihannya, misalnya apakah Anda setiap bulan bayar inked magazine, bayar harvard business review atau Anda bayar misalnya apps – apps tertentu? 

pilih yang benar-benar Anda gunakan, pilih yang benar-benar Anda pakai kalau Anda bisa berhemat dari sana. Anda bisa gunakan uang tersebut untuk lebih banyak menabung.

7. Beli Bekas untuk Barang yang Turun Nilainya

Kalau beli barang yang turun nilainya beli bekas. Contohnya beli mobil, jangan beli mobil baru tapi beli mobil bekas.  Kenapa? Karena mobil bekas itu antara biaya perawatan dengan nilai jual itu berbanding terbalik.

Mobil baru biaya perawatan rendah harga mobilnya tinggi, tetapi kalau mobil bekas ketika Anda beli masih bagus biaya perawatan masih rendah harga mobilnya juga rendah. Jadi pada akhirnya Anda bisa nabung dan lebih hemat banyak.

8. Belanja Saat Diskon

Belilah produk-produk yang diinginkan pada saat diskon. Misalnya membeli produk fashion, belilah baju saat diskon. Karena pada dasarnya produk yang dijual saat diskon juga tidak kalah bagus dengan yang tidak diskon. 

Tidak ada yang bisa membedakan mana baju yang diskon mana baju yang tidak diskon. Jadi belilah baju atau fashion pada saat diskon jauh lebih profitable.

BACA JUGA :7 JURUS MENJADI KAYA

9. Membawa Bekal Makanan

Biasakan membawa bekal makanan dari rumah, selain lebih hemat juga lebih sehat. Selain itu juga tidak perlu repot membeli makanan diluar atau jajan bila jam istirahat tiba. Jadi bisa menabung lebih banyak.

10. Menggunakan Obat Generik

Diluar sana banyak sekali obat-obat paten yang harganya mahal dan sangat memberatkan konsumen bila sakit. Padahal kalau kita bijak ada juga obat yang komposisi dan khasiatnya sama tetapi harganya jauh lebih murah, namanya obat generik. Sebelum ke rumah sakit besar tidak ada salahnya kita ke puskesmas terdekat terlebih dahulu. Jangan tergoda dengan iklan yah, jadi bisa sehat kembali dan tetap bisa menabung.

Demikianlah 10 hal cara yang benar dalam menabung. Tidak hanya cara yang benar tetapi juga merupakan strategi untuk kita bisa menabung. Jangan lupa yah apabila uang tabungannya sudah cukup, berinvestasilah untuk masa depan Anda. Selamat menabung.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2019-11-20T17:16:22+07:00November 13th, 2019|Cashflow|0 Comments